Limited stock. Get yours now with Rp 300.000 OFF!
SHOPPING CART

No Products in the Cart

TOTAL:
Rp 0,00

Siklus Pertumbuhan Rambut dan Efek IPL Hair Removal

on October 19, 2021

Rambut tumbuh dari folikel, atau akar, di bawah kulit. Rambut mendapat pasokan nutrisi dari pembuluh darah di dasar folikel yang dibutuhkannya untuk tumbuh. Dari tahap mulai tumbuh hingga kemudian rontok, setiap rambut melewati empat tahap: Anagen, Katagen, Telogen, dan Eksogen.

Selama Anagen, atau fase pertumbuhan rambut, perawatan IPL hair removal efektif melumpuhkan bulu dari akarnya dan mencegah pertumbuhan baru. Namun perlu diketahui bahwa ada sekitar 5 juta folikel rambut di tubuh manusia, dan tidak semuanya berada pada tahap pertumbuhan yang sama. Pria memiliki lebih banyak folikel rambut daripada wanita, itulah sebabnya pria mungkin membutuhkan lebih banyak perawatan daripada wanita untuk memastikan setiap bulu di tahap Anagen ditargetkan.

Anagen

Tahap pertumbuhan atau Anagen adalah tahap terbaik untuk perawatan hair removal. Selama tahap Anagen, helai bulu terhubung ke papila, yang pada gilirannya terhubung ke pembuluh darah yang memberi nutrisi pada bulu dan memungkinkan sel induk tumbuh menjadi rambut baru. Ketika sehelai bulu pada tahap Anagen menerima perawatan IPL, laser atau LHE, panas yang diserap oleh melanin di rambut ditransmisikan ke Papila.

Penyerapan panas oleh Papila menghancurkan akar rambut dan mencegah pertumbuhan baru. Ini membuat fase Anagen ideal untuk pengurangan rambut permanen dengan IPL. Rambut kaya akan melanin, yang memungkinkannya menyerap panas secara optimal dalam jumlah maksimum dari sinar yang dipijarkan.

 

Katagen

Folikel menyusut dan bulu mulai terlepas dari Papila pada tahap Katagen. Meskipun kamu masih bisa melakukan perawatan IPL hair removal pada tahap ini, hasilnya tidak akan seefektif pada tahan Anagen karena tidak ada lagi koneksi langsung ke akar rambut.

 

Telogen

Pada tahap ini, pertumbuhan bulu berhenti total. Bulu kamu sudah benar-benar terlepas dari Papila, sehingga perawatan IPL hair removal tidak akan bekerja pada tahap ini.

Sementara di Eksogen, rambut secara bertahap mengendur dari folikel dan akhirnya rontok. Dengan perawatan IPL hair removal, bulu baru yang pembentukannya dimulai dari Papila tercegah dari tumbuh kembali.